Membahas tentang hotel ,mulai dari peralatan serta tugas tugas nya

Selasa, 20 Maret 2018

Definisi Front Office dan 10 Tugas atau Tanggung Jawab Front Office Department

I. Definisi Front office department
Front Office Department pada dasarnya merupakan bagian dari Room Devision. Room Devision adalah department utama dihotel yang membawahi Front Office dan Housekeeping department. Pada momen ini kita akan membahas mengenai Front Office department. Front office terdiri dari 2 kata yaitu Front yang berarti Depan dan Office yang berarti Kantor, Jadi front office merupakan kantor depan atau bagian yang terdepan.

Namun Pengertian Front Office adalah salah satu department yang ada dihotel yang mempunyai tanggung jawab atas penerimaan pemesanan kamar, melakukan prosess check in (kedatangan) & check out (keberangkatan) dan merupakan department yang ada paling depan di hotel. Selain itu Front Office merupakan Department yang menjadi First Impression of the hotel (kesan pertama tamu saat datang pertama kali di hotel) dan menjadi The last Impression (kesang terakhir tamu sebelum mereka meninggalkan hotel) jadi front office harus mampu memberikan pelayanan yang sangat baik dan bisa membuat tamu merasa nyaman.

Apakah tugas dan tanggung jawab dari Front Office department?

II. Tugas tugas  dan tanggung jawab dari front office department meliputi:
1. Menerima dan menangani pemesanan kamar oleh calon customer (handling reservation)
2. Melakukan Reconfirm reservation
3. Menangani kedatangan dan keberangkatan tamu (handling check in & check out)
4. Mengurus Bill pempayaran tamu selama menginap di hotel
5. Meminta Deposit
6. Memberikan pelayanan informasi (Giving Information to the guest)
7. Membuat laporan mengenai Hotel Occupency
8. Bertanggung jawab atas kelancaran operasional di Front office
9. Menangai Keluhan keluhan tamu yang menginap di hotel (Handlng Guest Complaint)
10. Menangani Barang bawaan tamu

Selain tugas dan tanggung jawab tersebut front office department juga terbagi atas beberapa sections atau seksi seksi yang terdapat di Front Office Department antara lain:
1. Reservation
2. Reception
3. Concierge
4. Operator
5. Front Office Cashier

Sekian sekilas informasi mengenai pengertian dari Front Office dan Tanggung jawab dari Front office department. Diharapkan informasi yang telah tertera diatas bisa menjadi sumber pengetahuan baru yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas dan tanggung jawab room attendant

Jenis dan fungsi perlatan makan minum di restoran

JENIS DAN FUNGSI PERALATAN MAKAN DAN MINUM  2)        Ware Ware disini adalah segala bentuk benda atau peralatan yang digunakan se...

Jenis jenis chemical