I. Definisi Front office department
Front Office Department pada dasarnya
merupakan bagian dari Room Devision. Room Devision adalah department
utama dihotel yang membawahi Front Office dan Housekeeping department.
Pada momen ini kita akan membahas mengenai Front Office department.
Front office terdiri dari 2 kata yaitu Front yang berarti Depan dan
Office yang berarti Kantor, Jadi front office merupakan kantor depan
atau bagian yang terdepan.
Namun Pengertian Front Office adalah
salah satu department yang ada dihotel yang mempunyai tanggung jawab
atas penerimaan pemesanan kamar, melakukan prosess check in (kedatangan)
& check out (keberangkatan) dan merupakan department yang ada
paling depan di hotel. Selain itu Front Office merupakan Department yang
menjadi First Impression of the hotel (kesan pertama tamu saat datang
pertama kali di hotel) dan menjadi The last Impression (kesang terakhir
tamu sebelum mereka meninggalkan hotel) jadi front office harus mampu
memberikan pelayanan yang sangat baik dan bisa membuat tamu merasa
nyaman.
Apakah tugas dan tanggung jawab dari Front Office department?
II. Tugas tugas dan tanggung jawab dari front office department meliputi:
1. Menerima dan menangani pemesanan kamar oleh calon customer (handling reservation)
2. Melakukan Reconfirm reservation
3. Menangani kedatangan dan keberangkatan tamu (handling check in & check out)
4. Mengurus Bill pempayaran tamu selama menginap di hotel
5. Meminta Deposit
6. Memberikan pelayanan informasi (Giving Information to the guest)
7. Membuat laporan mengenai Hotel Occupency
8. Bertanggung jawab atas kelancaran operasional di Front office
9. Menangai Keluhan keluhan tamu yang menginap di hotel (Handlng Guest Complaint)
10. Menangani Barang bawaan tamu
Selain tugas dan tanggung jawab tersebut
front office department juga terbagi atas beberapa sections atau seksi
seksi yang terdapat di Front Office Department antara lain:
1. Reservation
2. Reception
3. Concierge
4. Operator
5. Front Office Cashier
Sekian sekilas informasi mengenai
pengertian dari Front Office dan Tanggung jawab dari Front office
department. Diharapkan informasi yang telah tertera diatas bisa menjadi
sumber pengetahuan baru yang bermanfaat.
Membahas tentang hotel ,mulai dari peralatan serta tugas tugas nya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tugas dan tanggung jawab room attendant
Jenis dan fungsi perlatan makan minum di restoran
JENIS DAN FUNGSI PERALATAN MAKAN DAN MINUM 2) Ware Ware disini adalah segala bentuk benda atau peralatan yang digunakan se...

Jenis jenis chemical
-
JENIS DAN FUNGSI PERALATAN MAKAN DAN MINUM 2) Ware Ware disini adalah segala bentuk benda atau peralatan yang digunakan se...
-
A. Jenis- Jenis Cleaning Equipment Berikut ini jenis peralatan pembersih yang diperlukan untuk menyiapkan kamar: - Carry caddy ...
-
STATUS KAMAR DALAM HOUSEKEEPING Dalam menyiapkan kamar, room attendant harus mengetahui status dari kamar yang akan di bers...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar